-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Gangguan Hari ini

Wajib Tahu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Gangguan Hari ini
Wajib Tahu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Gangguan Hari ini (Source: pexels.com @freestocks.org) 

Masyarakat tidak hanya mencari hiburan melalui televisi, tetapi juga melalui platform berbagi video dan streaming YouTube. Bahkan di era modern dan digital seperti sekarang, YouTube masih menjadi sumber hiburan paling populer di dunia.

Ketika YouTube tidak dapat diakses atau down, banyak netizen yang kesal dan mengeluh. Ya, banyaknya peminat yang mengakses YouTube secara bersamaan di seluruh dunia jelas menunjukkan kemungkinan gangguan server.

Menurut Kompas.com, pernah ada waktu ketika YouTube mengalami masalah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tanpa thumbnail video, hanya layar bewarna hitam yang terlihat.

Inilah penyebab youtube tidak bisa diakses atau down.

  • Data YouTube penuh
  • Aplikasi YouTube tidak diperbarui
  • Memori internal penuh
  • Terjangkit virus
  • Browser memiliki banyak data yang berat
  • Koneksi internet lambat
  • Akun YouTube diblokir

Solusi untuk masalah tidak dapat mengakses YouTube adalah sebagai berikut.

1. Hapus cache aplikasi youtube

Pertama dan terpenting, aplikasi YouTube menyimpan cache. Jika Anda sering menonton video, cache akan menumpuk, seperti yang terjadi pada aplikasi lainnya. Jika cache terus menumpuk, aplikasi akan mengalami error dan tidak bisa dibuka.

2. Bersihkan RAM

Karena harus terhubung ke server dan menampilkan konten yang cukup berat seperti video, YouTube memerlukan banyak RAM. Jika smartphone tidak memiliki RAM yang cukup, YouTube akan crash dan tidak dapat digunakan. 

Untuk mengatasi hal ini, hentikan aplikasi yang tidak digunakan dan bersihkan RAM, sehingga YouTube dapat berjalan dengan lebih lancar.

3. Install ulang aplikasi youtube

Aplikasi YouTube juga bisa tidak berjalan dengan lancar karena kesalahan saat proses pemasangan. Untuk mengatasi masalah ini, hapus aplikasi YouTube terlebih dahulu, lalu install kembali.

4. Perbarui aplikasi youtube

Jika YouTube tidak pernah memberikan pembaruan, aplikasi tersebut mungkin tidak dapat digunakan lagi. Bukan karena aplikasi ini rusak, tetapi karena versi YouTube yang digunakan sudah tidak berfungsi lagi.

5. Gunakan browser

Jika YouTube masih tidak dapat diakses, gunakan browser untuk membuka aplikasi. Dengan menggunakan browser, Anda dapat menghemat lebih banyak penyimpanan internal. Karena tidak ada lagi kebutuhan untuk menginstal aplikasi YouTube.

Dengan demikian, artikel ini membahas alasan mengapa YouTube mengalami gangguan atau tidak dapat diakses, serta cara mengatasi masalah tersebut. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Video Penjelasan Lengkap

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube Gangguan Hari ini"